Jumat, 29 Desember 2017

JENIS-JENIS PEKERJAAN

1. Pekerjaan yang menghasilkan barang

Perhatikan lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Adakah pekerjaan yang dapat  menghasilkan barang?
Pekerjaan yang menghasilkan barang merupakan pekerjaan yang hasil pekerjaannya dalam bentuk barang.   
  • PETANI

  • PENGRAJIN 
  • PENJAHIT









Pekerjaan yang digambarkan dalam contoh di atas merupakan contoh pekerjaan yang menghasilkan barang. Pekerjaan yang menghasilkan barang dalam jumlah besar biasa dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan ini ada yang disebut dengan industri rumah tangga yang menghasilkan barang seperti kue, makanan ringan, gorengan, dan sebagainya.

Selain industri rumah tangga ada juga yang disebut dengan perusahaan menengah, perusahaan ini agak sedikit lebih maju dibanding industri rumah tangga, contohnya perusahaan yang membuat kompor. Perusahaan lainnya adalah perusahaan besar yang menghasilkan barang dalam jumlah yang sangat besar untuk dipasarkan ke berbagai pelosok.

2. Pekerjaan yang menghasilkan jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah pekerjaan yang hasilnya tidak dalam bentuk barang.
Namun demikian, hasil pekerjaannya dapat kita rasakan. 
  • GURU





Guru adalah contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa. Karena ada guru, kita bisa menjadi anak yang pintar. Hal ini berkaitan karena tugas dari guru adalah mendidik siswa-siswinya menjadi anak yang pintar dan berbudi pekerti luhur.
  • POLISI






Polisi lalu lintas bertugas di jalan raya untuk mengatur lalu lintas kendaraan. Selain itu, polisi juga bertugas menjaga keamanan dan ketertiban.
  • TUKANG BECAK






Pernahkah kamu menggunakan jasa tukang becak? Tukang becak adalah pekerjaan menghasilkan jasa. Dia siap mengantarkan pengguna ke tempat tujuannya.

1 komentar:

  1. youtube channel - videosl - videodl.cc
    youtube channel - videosl.cc youtube channel - videosl - videosl.cc youtube to mp3 youtube channel. youtube channel - videosl.com.

    BalasHapus